Jakarta Ramah Autisme

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo mencanangkan Jakarta Ramah Autisme. Jokowi berkata untuk menuju kota ramah anak, harus dimulai dengan memberi perhatian anak dari hal terkecil.

Dalam rangka Hari Autisme Dunia yang jatuh, Selasa (2/4), Masyarakat Peduli Autis Indonesia (MPATI) menyelenggarakan kegiatan untuk mensosialisasikan upaya mendidik anak autis melalui video. Selain itu, acara tersebut juga sebagai salah satu langkah untuk Jakarta menuju kota ramah anak.

“Dimulai dari hal seperti ini, dengan Jakarta ramah autisme,” kata Jokowi di Soehana Hall, Kawasan SCBD, Sabtu (6/4).

Jokowi mengaku belum banyak mengetahui mengenai anak autisme. Karenanya, ia berharap dapat mengetahui sebanyak-banyaknya masalah itu. “Kami ingin tahu dan dapat memberikan fasilitas untuk anak autis,”
ujar pria asal Solo itu.

Fasilitas ramah anak autisme dapat disediakan di sekolah, taman termasuk ruang terbuka hijau dan lingkungan sekitar seperti mall. Jokowi juga menginginkan agar dengan pencanangan kota ramah autisme, Jakarta dapat menjadi contoh bagi daerah lain.

Selain itu, Pemprov DKI juga telah menunjukkan perhatiannya melalui kampanye brosur, surat simpati dan video. Sehingga bagi orang tua yang memiliki anak autisme dapat terbantu dalam menangani anak autisme. “Mall nantinya akan menyiarkan video untuk anak autisme sehingga aman untuk anak-anak seperti mereka,”
ujarnya.

Ketua Umum MPATI Gayatri Pamoedji mengapresiasi tindakan Jokowi yang mau memberikan peerhatian untuk anak autisme. Selama ini, ia telah menemui tiga gubernur sebelumnya, dan baru Jokowi yang merespons hal ini. “Jokowi telah mengambil langkah kongkrit untuk mendukung anak autisme,” ujarnya.

Pencanangan Jakarta Ramah Autisme ditandai dengan penyiaran video penanganan anak autisme yang akan disebarkan dan membunyikan angklung.

(Sumber: http://www.republika.co.id/berita/nasional/jabodetabek-nasional/13/04/06/mktld0-jokowi-canangkan-jakarta-ramah-autisme)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *